Langsung ke konten utama

Review Book : The Perfect Muslimah

Judul Buku:  The Perfect Muslimah
Penulis: Ahmad Rifa’i Rif’an
Penerbit : Quanta
Tahun cetak : 2015 (Cetakan ke 9)
Tebal Halaman : 291

“The Perfect Muslimah. Indah akhlaknya, teduh parasnya, brilian otaknya, mantap ilmu agamanya, luas pergaulannya, dahsyat prestasinya, hebat kontribusinya. Auratnya terjaga, pergaulannya terjaga, prilakunya terjaga. Matanya berkeliau oleh air mata takwa, bibirnya basah dengan untaian petuah, rambutnya tertutup oleh juluran jilbabnya. Bicaranya dakwah, pendengarannya tilawah, geraknya jihad fi sabilillah. Hatinya penuh zikir, otaknya penuh pikir, dipercantik oleh terjaganya lahir. The Perfect Muslimah. kaulah gemintang yang menghias langit yang pekat. Kaulah rembulan yang cahayanya teduh tak memanaskan. Kaulah bidadari bumi yang kelak jadi bidadari yang tercantik di surga.” (sampul belakang)

Menjadi muslimah yang sempurna tentu harapan semua muslimah. Cantik lahirnya, cerdas, akhlak baik dan luas pergaulan, berprestasi dan cantik juga rohani.
Ah prefect banget. Tapi mana ada manusia yang sempurna?! Ya, penulis pun menyadari tak ada manusia yang sempurna, tapi yang terpenting bagaimana manusia itu mau berusaha untuk memaksimalkan kemampuannya untuk menjadi manusia yang sempurna. 

“Perfect muslimah bukanlah malaikat yang tak pernah salah. Mereka tetaplah manusia biasa yang berusaha memaksimalkan seluruh kemampuannya untuk memberikan yang terbaik bagi orang-orang di sekelilingnya.” (hal : xxi)
“Saya percaya bahwa kesempurnaan seorang manusia justru terletak pada ketidaksempurnaannya. Maka, setiap ada rasa kagum pada seseorang, saya selalu menyisakan ruang dalam jiwa untuk menerima segala kekurangannya. Paling tidak sebagai obat jika kelak ada rasa kecewa.” (hal : xxx)
Buku ini memotivasi banget khususnya kepada kaum hawa untuk menjadi muslimah yang sempurna. Muslimah yang indah akhlaknya, teduh parasnya, brilian otaknya, mantap agamanya, luas pergaulannya, dahsyat prestasinya dan hebat kontribusinya.
Penulis tidak hanya akhwat untuk menggapai mimpi apa yang telah dicita-citakan, tapi bagaimana juga mengenalkan bagaimana bermimpi itu seharusnya tidak hanya untuk pribadi tapi bermanfaat untuk ummat.

Tidak hanya berpikir prestasi yang mentereng, atau posisi yang tinggi dan gaji puluhan juta, tapi bagaimana kita bermimpi dengan passion yang membuat kita bahagia dan banyak memberi manfaat untuk orang-orang walaupun kenyataannya terlihat sangat sederhana. Karena memang bahagia itu sederhana dan setelah kematian apakah nama kita hilang begitu atau akan selalu dikenang sepanjang masa karena kebaikannya.

Di buku ini diberikan rahasia-rahasia jitu melalui cerita-cerita mereka yang hebat dalam menggapai prestasi dan menghadapi setiap tantangan.
Tidak hanya sampai di situ, buku ini juga mengupas tentang permasalahan-permasalahan yang kerap menggeluti kaum hawa, seperti masalah cinta, jodoh, nikah, pergaulan, akhlak, kemandirian, kecantikan, kesalehan dan kekuatan iman. Pokoknya perfect banget, jika kita bisa mengamalkannya.

Di buku ini akan banyak kita temukan kalimat-kalimat emas yang sangat memotivasi. Sampai-sampai berkali-kali lihat halaman profilnya. Rasanya tak percaya usia semuda itu sudah mempunyai daya pikir yang sangat dewasa dan pandai meramu kata.



Komentar

Postingan populer dari blog ini